Mengenal Penyakit Diabetes, Gejala, Tipe. Penyebab Dan Obatnya

advertisements

Mengenal Penyakit Diabetes, Gejala, Tipe. Penyebab Dan Obatnya. Gejala-gelala Diabetes Melitus, Tipe Diabetes Mellitus, Penyebab Penyakit Diabetes, Mengenal Obat Anti Diabetes

Mengenal Penyakit Diabetes, Gejala, Tipe. Penyebab Dan Obatnya - Penyakit diabetes mellitus atau yang lebih sering dikenal dengan kencing manis merupakan salah satu penyakit yang harus kita waspadai, sekarang ini di Indonesia jumlahnya sudah semakin bertambah. Untuk saat ini Indonesia menduduki peringkat ke empat besar dengan jumlah penderita diabetes terbanyak didunia setelah India, China dan Amerika Serikat.

Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan atau kelainan sekresi insulin yang tidak bisa mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga kadar gula dalam darah meningkat melebihi batas normal atau hiperglikemia. Hormon insulin yang diproduksi pankreas berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah untuk kebutuhan proses pembuatan energi untuk tubuh. Namun pada penderita diabetes, pankreas tidak bisa menghasilkan hormon insulin dengan dengan jumlah yang cukup sehingga mengakibatkan tingginya kadar gula didalam darah.

Untuk orang sehat kadar gula normalnya biasanya antara 70 - 150 mg/dL, dan kadar gula akan terjadi peningkatan setelah makan dan mengalami penurun pada waktu pagi setelah bangun tidur. Jika seseorang dinyatakan hiperglikemia atau kadar gula dalam darah tinggi ketika kadar gula dalam darah mereka jauh diatas normal, sehingga butuh penanganan khusus dengan pengobatan.

Gejala-gelala Diabetes Melitus

Gejala awal dari penyakit diabetes mellitus adalah meningkatnya kadar gula darah dari batas normal dengan nilai mencapai 160 - 180 mg/dL. Ada beberapa gejala-gejala lain yang kerap terjadi diantaranya:

Urine Penderita Mengandung Gula

Glukosa atau gula yang terdapat didalam darah melimpah ke sistem urine sehingga urine yang di buang penderita diabetes mengandung gula.

Sering Buang Air Kecil

Dehidrasi yang dialami oleh penderita diabetes memicu penderita buang air kecil lebih sering dari biasanya, volume yang banyak atau buang air kecil lebih sering biasanya di malam hari.

Mudah merasa Lapar

Mudah merasa lapar merupakan salah satu gejala dari penyakit diabetes, maka dari itu penderita harus lebih berhati-hati mengontrol pola makan agar penyakit diabetes tidak berlanjut parah.

Berat Badan Turun Drastis

Pederita diabetes akan mengalami penurunan berat badan walaupun nafsu makan tinggi dan mudah mersa lapar, ini merupakan gejala klasik dari diabetes mellitus.

Rabun Penglihatan

Penyakit diabetes juga merusak sistem penglihatan, hal ini dikarenakan pembuluh darah yang rusak sehingga terbatasnya jumlah cairan yang dikirim ke mata.

Mudah Terinfeksi

Infeksi yang sering terjadi pada penderita diabetes biasanya di daerah mulut dan gusi, sehingga mudah sekali terluka.

Perubahan Warna Kulit

Perubahan warna kulit kerap terjadi pada penderita diabetes, terutama pada kulit bagian leher sehingga terlihat seperti kulit yang kotor.

Tipe Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes mellitus memiliki 3 tipe dan tiap tipe memiliki penyebab yang khusus yang berbeda dengan tipe lainnya, tipe-tipe diabetes mellitus antara lain:

Diabetes Mellitus Tipe 1

Diabetes mellitus tipe 1 pada umumnya menyerang anak-anak hingga remaja, penyebab diabetes ini adalah adanya kerusakan pada sel pankreas sehingga hormon insulin tidak bisa dihasilkan. Penderita diabetes ini hanya mengandalkan suntikan insulin dari luar, untuk kelangsungan hidupnya. Gejala-gejalanya seperti dehidrasi, sering buang air kecil, badan kurus dan lemah.

Diabetes Mellitus Tipe 2

Diabetes Melitus tipe 2 disebabkan karena tidak mampunya tubuh dalam merespon hormon insulin yang dihasilkan pankreas. Hal ini biasanya dikarenakan sel-sel tubuh bersaing dengan sel-sel lemak yang ada dalam tubuh, maka dari itu hormon insulin dihisap oleh sel-sel lemak. Pada umunya diabetes ini menyerang orang-orang dengan pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat sehingga terjadi kegemukan.

Diabetes Mellitus Tipe 3

Diabetes mellitus tipe 3 merupakan gabungan dari diabetes tipe pertama dan kedua, penderita diabetes ini akan terus menerus memerlukan suntikan insulin seperti halnya diabetes tipe pertama. Untuk diabetes tipe 3 biasanya lebih dikaitkan dengan kehilangan memori ataupun gangguan pada fungsi otak.

Penyebab Penyakit Diabetes


Penyebab diabetes mellitus sering terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok, tubuh kurang bergerak, dan juga pola makan yang kurang sehat sehingga mengalami kegemukan. Selain itu penyebab diabetes juga bisa terjadi karena faktor keturunan, maka dari itu seorang anak dari penderita diabetes sangat beresiko mempunyai diabetes.

Mengenal Obat Anti Diabetes

Penderita diabetes mungkin tidak akan lepas dengan yang namanya obat untuk mengendalikan dan menyembuhkan penyakitnya, entah itu berupa suntikan ataupun obat oral. Bagi penderita diabetes (pasien) harus mengetahui jenis obat apa saja yang diberikan dokter kepada Anda, karena setiap obat yang diberikan pasti berbeda fungsi dan kelebihannya.

Untuk lebih mengenal dibawah ini akan dijelaskan beberapa jenis obat anti diabetes, diantaranya:

1. Sulfonilurea

Sulfonilurea merupakan obat oral untuk penderita diabetes tipe 2, obat ini berfungsi untuk meningkatkan sekresi insulin, meningkatkan sensitivitas jaringan pada insulin, serta menurunkan sekresi glukogen.

2. Binguanid

Binguanid merupakan obat oral untuk penderita diabetes, yang termasuk dalam golongan obat ini adalah Metformin. Metformin berfungsi untuk meningkatkan glukosa pada jaringan ferifer serta menghambat glukoneogenesis, agar obat ini bekerja membutuhkan insulin.

3. Acarbose

Acarbose merupakan obat oral untuk diabetes yang berfungsi untuk mengurangi penyerapan glikosa pada usus halus, hal ini agar kadar gula turun setelah makan. Obat jenis ini biasanya diminum secara bersamaan ketika suapan pertama saat makan.

Masih ada jenis lain lagi obat anti diabetes yang biasanya sering dijadikan resep dokter seperti jenis meglinitid, glitazon, dan juga glibenklamid. Selain obat-obat kimia pengobatan diabetes juga bisa menggunakan pengobatan tradisional dengan menggunakan ramuan-ramuan herbal atau alami.

advertisements

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Penyakit Diabetes, Gejala, Tipe. Penyebab Dan Obatnya"

Post a Comment

Mari Berkomentar Bebas Tapi Sopan !