Penyakit Gondok, Penyebab dan Pengobatannya

artikel kesehatan tentang Penyakit Gondok, Penyebab dan Pengobatannya
Penyakit Gondok, Penyebab dan Pengobatannya. Penyakit gondok Ganguan Tiroid  merupakan penyakit yang disebabkan oleh terganggunya kelenjar tiroid sehingga tidak mampu menghasilkan hormon tiroid. Hormon tiroid sangat berperan penting dalam proses-proses kimia didalam tubuh, selain terganggunya kelenjar tiroid penyakit ini juga karena kekurangan yodium. Penyakit gondok ini juga biasanya disertai dengan timbulnya benjolan besar di bagian depan leher yang diakibatkan membengkaknya kelenjar tiroid, awalnya penyakit ini disebut gondok biasa namun jika tidak segera ditangani akan terjadi gondok beracun dengan pembengkakan lebih besar.

Penyakit gondok sendiri memiliki dua jenis yaitu gondok difus dan nodul. Gondok difus merupakan gondok dengan benjolan terasa halus atau mulus ketika dipegang sedangkan gondok nodul benjolannya tidak rata, dan juga bergumpal. Gejala-gejala yang terjadi pada penderita gondok seperti adanya pembengkakan di area tenggorokan sehingga tersasa sesak, perubahan suara menjadi serak, batu-batu, sulit bernafas dan juga susah menelan.

Penyebab Penyakit Gondok


Penyebab penyakit gondok ada beberapa faktor seperti terdapat gangguan kelenjar tiroid sehingga kinerja kelenjar tiroid berlebih ataupun menurun, hal seperti ini akan mengakibatkan pembengkakan. Penyebab lainnya seperti kekurangan dan juga kelebihan zat iodin, zat ini bisa ditemukan di makanan laut seperi ikan, tiram, rumput laut, serta jenis susu.

Risiko Penyakit Gondok


Penyakit gondok bisa terjadi pada siapa saja entah orang tua, anak, laki-laki maupun wanita. Namun biasanya penyakit gondok akan mudah meyerang ke orang yang lebih rentan seperti anak-anak, lansia, serta perempuan. Orang yang berisiko penyakit gondok diantaranya orang yang menderita penyakit autoimun, faktor keluarga atau keturunan, terkena radiasi, baru selesai melahirkan, dan juga kanker tiroid.


Makanan yang Baik Untuk Penderita Gondok


1. Makanan yang Mengandung Yodium

Yodium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan hormon tiroid, maka dari itu sangat baik sekali penderita gondok mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium. Makanan yang mengandung yodium seperti garam beryodium, rumput laut, ikan, tiram, dan juga makanan laut lainnya.

2. Makanan yang Mengandung Selenium

Selain mengandung yodium juga mengandung selenium, selenium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk kelenjar tiroid agar berfungsi dengan benar. Makanan yang mengandung mineral selenium diantaranya ikan kakap, tuna, udang, dan juga jamur shitake, makanan tersebut mengandung selenium alami.

3. Makanan yang Mengandung Seng, Tembaga dan Zat Besi

Mineral ini sangat baik sekali membantu untuk memproduksi hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid, makanan yang mengandung mineral tersebut seperti jamurm lobak, bayam, dan hati.

4. Makanan yang Mengandung Omega 3

Omega 3 merupakan salah satu lemak yang sangat penting kepekaan sel untuk kelenjar tiroid, makanan yang mengandung omega 3 seperti minyak ikan, sarden, salmon, daging sapi yang makan rumput, kedelai dan juga udang.

5. Makanan yang Mengandung Antioksidan Alami

Makanan yang mengandung antioksidan alami seperti sayuran hijau, ayam, telur, almond, kacang poling, serta biji-bijian. Selain makanan yang mengandung antioksidan penderita juga membutuhkan makanan yang mengandung vitamin B seperti kacang-kacangan, buah jeruk, daging sapi, seafood, dan lainnya.

Pengobatan Penyakit Gondok


Benjolan pada penyakit gondok akan terus membesar jika tidak segera diobati, ada beberapa pengobatan penyakit gondok diantaranya:

1. Terapi Hormon

Terapi hormon merupakan salah satu pengobatan penyakit gondok, dimana terapi ini untuk menangani hipotirodisme dengan memberikan hormon pengganti tiroid. Obat terapi hormon salah satunya levothyroxine.

2. Obat untuk Menurunkan Hormon Tiroid

Jika kelenjar tiroid terus menerus memproduksi hormon tiroid sehingga menimbulkan hipertiroidisme, maka dari itu harus ditangani dengan obat penurun homon seperti contohnya Thionamide.

3. Terapi Iodin Radioaktif

Terapi ini biasanya untuk menangani hipertiroidisme, dengan pengobatan terapi ini benjolan yang diderita akan mengecil karena ion radioaktif menghancurkan sel-sel tiroid. Namun jika berlebihan akan memicu hipotiroidisme.

Dari semua cara pengobatan diatas memiliki efek samping tersendiri, maka dari itu perlu petunjuk dokter untuk pemakaian obat-obat tersebut.

0 Response to "Penyakit Gondok, Penyebab dan Pengobatannya"

Post a Comment

Mari Berkomentar Bebas Tapi Sopan !